Pages

Selasa, 13 Juli 2010

dukungan sosial

Gue selalu tertarik sama tema dukungan sosial, bagi gue manusia adalah mahluk sosial dan ga mungkin bisa hidup sendirian tanpa lingkungannya. Malahan ada pendapat Jhon Lock yang gue dapet dari buku Live-span development bahwa manusia itu bagaikan selembar kertas putih dan lingkunganlah yang akan mewarnainya!! Jadi perkembangan psikis manusia itu dipengaruhi sama lingkungannya walaupun genetik juga mempengaruhi.

Bahkan seorang Tarzan pun pasti butuh dukungan sosial!! Buktinya dia berteman sama binatang dan itu salah satu bukti Tarzan butuh dukungan sosial walupun dari Binatang sekalipun!! Kalo ada orang yang lagi bad mood dan nulis di status Facebook, twitter, Yahoo Messenger ect dengan kalimat ‘leave me alone’ gue rasa itu bohong banget!! Itu Cuma sebuah divense sekaligus tanda dia lagi menghadapi suatu masalah dan dia lagi butuh orangorang di sekitarnya buat ada di samping dia.

Dukungan sosial itu ga selalu berbrntuk team cheleaders yang teriak teriak di pinggir lapangan waktu team basket lagi berkompetisis atau kaya superter bola yang teriakteriak dengan baju anehanaeh. Dukungan sosial itu bisa berbentuk pelukan atau bahkan tepukan punggung sambil senyum.

Kata dosen psikologi klinis gue, ada satu penelitian tentang dukungan sosial, diamana subjeknya adalah orang dengan HIV-AIDS (ODHA). HIV-AIDS adalah penyakit yang mengerang sistem kekebalan tubuh jadi, orang yang terkena penyakit ini sistem kekebalan tubuhnya bakal lemah dan rentang terkena penyakit. Dan menurut diktat Psikologi Klinis yang barusan gue baca, ada hubungannya antara stres dan kesehatan. Jadi, penelitiannya adaah memberikan dukungan sosial berupa pelukan pada ODHA dan hasilnya ODHA yang dapet pelukan sistem kekebalan tubuhnya lebih bagus di banding ODHA yang ngga dapet pelukan. Dan menurut temen-temen gue di kelas klinis manusia butuh 24 pelukan setiap harinya (gue gatau ada di halaman berapa) weew..hebat sekali ternyata the power of hugs J -xoxo- (dan sampe sekarang gue belom pernah baca journalnya. Ada yang tau jurnal penelitiannya??)

Menurut Tes HTP (house Tree Person) gue termasuk orang yang butuh dukungan sosial itu, dan itu ada hubungannya dengan sifat gue yang ember soal masalah2 gue. Gue termasuk orang yang suka banget curhat colongan!! Karena gue selalu butuh orang-orang di sekeliling gue buat di ajakin sharing. Karena bagi gue setiap langkah yang gue ambil waktu gue tertimpa masalah adalah langkah subjektif yang kadang dilandasi sama emosi tanpa mikir kedepannya jadi gue adalah orang yang sangat suka sharing atau bahasa gahuulnya Curhat.

Dan gue sangat tertarik buat mengambil fenomena Dukungan sosial ini sebagai bahan proposal gue.semenjak ada pelajaran metode penelitian gue selalu buat judul-judup penelitian dan proposal dengan tema dukungan sosial.

Berikut adalah pengertian Dukungan Sosial yang gue dapet dari proposal Metlit yang jadi tugas individu gue:

Saronson (1991) menerangkan bahwa dukungan sosial dapat dianggap sebagai sesuatu keadaan yang bermanfaat bagi individu yang diperoleh dari orang lain yang dapat dipercaya. Dari keadaan tersebut individu akan mengetahui bahwa orang lain memperhatikan, menghargai, dan mencintainya.

Menurut Gonollen dan Bloney (As’ari, 2005), dukungan sosial adalah derajat dukungan yang diberikan kepada individu khususnya sewaktu dibutuhkan oleh orang-orang yang memiliki hubungan emosional yang dekat dengan orang tersebut.

1 komentar:

Nta mengatakan...

semoga bermanfaat postingannya, kalo masih banyak yang ngaco harap maklum :D